Daftar Blog Saya

Pengikut

About Me

Reni Finna Ast
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SKATEBOARD : SEBUAH LIFESTYLE DAN BUDAYA DI KALANGAN REMAJA !


Permainan skateboard memiliki sejarah dan cerita-cerita yang menarik. Rupa bentuk skateboard yang pertama berbentuk seperti scooter, hanya mempunyai hendel sebagai pengawalnya. Skateboard pada asalnya digunakan sebagai kendaraan mainan yang digunakan anak-anak di Amerika untuk ke sekolah atau bermain.

Pada tahun 1950-an, permainan ini menjadi semakin populer di kalangan anak-anak dan para remaja di Amerika. Pada 1959 syarikat pengeluar produk barang permainan Larry's Company mulai memproduksi dan menjual skateboard jenis Roller Derby dengan bentuk yang menarik.

Pertandingan skate yang pertama kalinya di dunia diadakan di Pier Avenue Junior School di daerah Hermosa, California pada 1993.Skateboard pada asalnya tidak mempunyai kawasan yang tetap untuk bermain malahan di kawasan simpang, tepi jalan hingga kawasan kolam renang.

Sekitar tahun 1965-an sebanyak 150 juta skateboard telah dijual di seluruh dunia. Pada tahun menjadi tahun kegemilangan bagi permainan skateboard. Karena termasuk permainan yang berbahaya, hampir setiap hari terjadi kecelakaan yang menimpa para skater (sebutan pemain skateboard-red).

Di tahun 1970-an, Frank Naswarthy salah seorang pengurus syarikat pengeluaran elemen skateboard mengadakan kunjungan secara tidak resmi ke kilang plastik di Purcelivile, Virginia. Kilang tersebut membuat tayar untuk permainan Roller Skate jenis Vrethene.

Frank telah mengadakan beberapa promosi di sekitar San Diego, hingga ke California. Tayar tersebut ternyata menarik perhatian bagi pemain skate di seluruh Amerika. Kekuatan, daya cengkeram yang kuat serta tahan lasak adalah alasannya.

Pada awal tahun 1976, produk papan skate yang terbaru dikeluarkan oleh Syarikat Frank.
Di tahun-tahun ini permainan skateboard semakin bertambah populer. Perusahaan-perusahaan baru pembuat perlengkapan skateboard semakin bertambah banyak.

Namun sayangnya, permainan ekstrem ini banyak memakan korban. Hingga, banyak pihak yang menginginkan agar perusahaan pembuat perlengkapan skateboard ditutup. Akibatnya, banyak perusahaan yang harus menanggung kerugian yang sangat besar.

Kondisi itu ternyata tidak bertahan lama, beberapa perusahaan mulai membuat perlengkapan skateboard yang lebih aman. Salah satunya adalah perusahaan BMX. Seiring dengan perjalanan waktu, permainan ini mulai mendapat tempat di hati masyarakat Amerika kembali.

Sejak saat itu, skaterboard mulai berkembang di dunia. Perlombaan dunia skateboard menjadi salah satu pendukung semakin populernya olahraga ekstrem ini di luar Amerika, termasuk juga di Indonesia.


Kamus Para 'Skater'

1. Pemain

"Skater: pemain skateboard.
"Old school: veteran pemain skateboard.
"Poser: peniru gaya skater. Skateboard hanya untuk bergaya, tapi tak memiliki keterampilan.

2. Peralatan Dasar

"Board: papan dari kayu khusus beroda empat. Di bagian atas terdapat grip tape (lapisan amplas) agar tak licin.



"Skate park: arena tempat bermain skateboard.

"Handrail: besi panjang yang digunakan skater untuk meluncur.

"Ramp: media berbentuk lahan miring. Sudut kemiringannya 45 derajat hingga 90 derajat.


3. Gaya Dasar

"Ollie: manuver loncatan biasa. Tubuh mengikuti papan yang jumping ke depan atau statis.
"Drop in: manuver ketinggian ke bawah. Skater harus menguasai gerak ollie lebih dulu.
"Pop: saat tubuh dan papan di udara, kaki tetap menempel grip tape.
"Kickflip: membuat putaran pada papan sebanyak satu kali atau lebih (ke arah kiri atau kanan) dengan posisi tubuh melayang di udara.
"Boardslide: meluncur di handrail atau pada benda apa pun yang bisa dilalui papan, dengan posisi papan horizontal.
"Grind: sama dengan boardslide, tapi yang dijadikan pijakan adalah truck.
"Backside: manuver meloncat berputar ke belakang 180 derajat. Papan dan tubuh sama-sama berputar.

Skater Dunia :

1.RODNEY MULLEN

John Rodney Mullen (born August 17, 1966 in Gainesville, Florida), is a professional freestyle and street skateboarder. He is considered by many to be the best and most influential skater in the history of skateboarding.[1] Mullen is credited with inventing the flatground ollie, the kickflip (originally called the "magic flip") in 1983, the heelflip, the impossible, and a long list of other original tricks.[2] Mullen is credited in numerous skateboarding videos, and has authored an autobiography entitled The Mutt: How to Skateboard and not Kill Yourself



2.TONY HAWK

Anthony Frank Hawk (born May 12, 1968), better known as Tony Hawk, is an American professional skateboarder. Hawk gained significant fame for completing the first 900 as well as his licensed video game titles distributed by Activision. He is widely considered one of the most successful and influential pioneers of modern vertical skateboarding.[1]
Raised in San Diego, California, Hawk was described as being "hyperactive" as a child. His parents supported his skateboarding because it served as an outlet for his excessive energy, and as Hawk's skills developed, he became a professional skateboarder at age fourteen. In 1999, he became the first skater to land a 900 in competition. In 2002, he created the Boom Boom Huck Jam, an extreme sports competition in Las Vegas. Throughout his career, Hawk has made numerous appearances in films and other media, as well as his own series of video games. He has also been involved in various philanthropic activities, including collaborations with other athletes in the charity Athletes For Hope.

3.CHAD MUSKA

Chad Muska is a professional skateboarder and musician, known for his part in the 1998 skateboarding video, Shorty's Fulfill The Dream. Afterwards, Muska was given a sponsorship by Circa footwear in 1999, and released many models of shoes with the brand.Chad Muska was let go by Circa in 2005, paving way for him to join the upstart company Supra Footwear. Chad also rode for éS Footwear before joining Circa. The éS Muska model was a top selling shoe of its time. One of his Shorty's pro models was of his album MuskaBeatz which had 12 recordings of artists including Biz Markie. He later left Shorty's Skateboards in early 2006, and in December of that year he picked up a deal with Element Skateboards. Muska also left long time sponsor, Fury, to help Element establish a more note worthy wheel and truck market.
He is son to Thomas and PJ Muska.
Muska also rode for now defunct companies TSA Clothing, Diaka Watches, and Ghetto Child Wheels. Other past sponsors include Toy Machine, Maple, Etnies, Shorty's Skateboards and Fury trucks.
His current sponsors are Element Skateboards, KR3W, Supra Footwear, and Factory413.
He also made many appearances in the Tony Hawk series of videos games. His music has also been featured in the games.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar