Daftar Blog Saya

Pengikut

About Me

Reni Finna Ast
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Hubungan tegang Al-Qaeda dengan Iran dan Pakistan

“Referensi terhadap Iran menunjukkan bahwa hubungan itu bukan kemitraan, tetapi negosiasi tidak langsung dan tidak menyenangkan mengenai pembebasan beberapa jihadis dan keluarga mereka yang ditahan, termasuk para anggota keluarga bin Laden," demikian menurut laporan CTC. "Penahanan para anggota al-Qaeda ternama kelihatannya memicu berbagai ancaman, penyanderaan dan negosiasi tidak langsung antara al-Qaeda dan Iran yang telah terjadi bertahun-tahun dan mungkin masih berlangsung.
“Hubungan antara al-Qaeda dan Iran adalah salah satu sisi yang paling tidak dimengerti mengenai sejarah al-Qaeda,” laporan CTC itu menambahkan.
Sayf al-‘Adl, salah satu pemimpin tertinggi al-Qaeda, menulis surat-surat yang diperoleh sebelum penggerebekan Abbottabad bahwa setelah serbuan AS ke Afganistan pada tahun 2001, banyak anggota al-Qaeda pergi ke Iran dengan anggapan bahwa mereka akan leluasa. Sebaliknya, tulis al-‘Adl, Iran “mulai menangkapi dan mendeportasi mereka ke negara-negara asal mereka," yang dipercayai pemimpin al-Qaeda itu disebabkan tekanan dari AS.
Menurut laporan itu, pembicaraan tentang Pakistan oleh bin Laden — setidaknya dalam dokumen yang dirilis secara umum— adalah “jarang dan tidak menyeluruh.” Dokumen itu menunjukkan bahwa al-Qaeda dan para teroris Islam lainnya tidak menikmati kerjasama Pakistan yang resmi seperti disebut beberapa pengamat.
“Meskipun ada referensi mengenai 'saudara Pakistan yang terpercaya,' tidak ada referensi jelas akan dukungan kelembagaan Pakistan bagi al-Qaeda atau para anggotanya,” demikian menurut laporan itu.
Bin Laden juga menyatakan keprihatinan mendalam atas pembunuhan para anggota al-Qaeda di Waziristan di tahun 2010 dengan pesawat tanpa awak. Dia mendesak "para saudaranya" di wilayah itu untuk lari ke wilayah yang lebih aman, menasihati mereka untuk pergi pada saat hari berawan ketika pesawat-pesawat tanpa awak itu lebih sulit menemukan mereka.
“Surat bin Laden dipenuhi petunjuk terperinci yang harus diikuti untuk memastikan keselamatan dan keamanan para saudara yang tersisa bahkan jika pekerjaan 'harus berjalan lebih lambat selama jangka waktu ini'," demikian menurut laporan itu. "Para aparat Pakistan mulai menekan kita dan secara dekat mengawasi gerakan kita, menyulitkan para saudara Arab dan yang lainnya untuk mencapai Afganistan dari Pakistan," tulis bin Laden, menurut laporan CTC.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar